Monday, July 19, 2010

KHASIAT KURMA - QUR'AN SEPANJANG MASA


Qs. 19 Maryam:25. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,
26. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. jika kamu melihat seorang manusia, Maka Katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha pemurah, Maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini".

“Apabila salah seorang diantara kamu puasa, hendaklah berbuka dengan kurma , bila tidak ada hendaklah dengan berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih.” (H.R. Ahmad dan Tarmidzi).

Kurma adalah sejenis tumbuhan palem yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun masih mentah. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, kurma kaya dengan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral seperti zat besi, kalsium, sodium dan potasium.

Kandungan protein didalam kurma sebesar 1.8 - 2.0 persen, serat sebanyak 2.0 - 4.0 persen dan gula sebesar 50 - 70 persen glukosa.
Penelitian yang dilakukan Badan Kesahatan Dunia (WHO), zat gula yang ada didalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu langsung diserap kedalam tubuh.

Hal ini membuat gula itu harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian.

Sementara potasium didalam kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Tidak hanya itu, berkat zat besi dan kalsium yang ada pada kurma, orang bakal terhindar dari penyakit yang beresiko tinggi seperti penyakit jantung dan kencing manis

Allah memerintahkan Maryam untok memakan buah kurma yg masak. Hari ini, kurma yg disebut dalam Qur’an ialah dikenal sebagai makanan & juga obat. Ilmuwan saat ini mengetahui jika kurma mengandung lebih dari sepuluh bahan yg diperlukan untok tubuh manusia menjadi lebih sihat & berterusan.

Kurma mengandungi banyak sekali intisari yg mudah dicerna & gula positif yang baik dan member kekuatan pada tubuh untuk pemanasan & pergerakan. Lebih penting lagi, gula ini ialah jenis gula baik/fructose dan bukan gula anggur/glucose yg cepat menambah gula darah.

Kurma memberikan energi, membantu sel-sel otot dan jaringan syaraf berkembang, dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang lemah karena sakit atau mereka yang menderita kelelahan, karena nilai kalori tinggi mereka.

Misalnya, 100 gram kurma berisi 1,5 gram protein dan 50 gram karbohidrat. Selain itu, nilai kalori mereka adalah 225 kkal. Segar kurma 60-65 persen memiliki kadar gula dan kandungan protein 2 persen.
Ilmu kesihatan modern, menemukan bukti jika anggur sangat menguntungkan bagi wanita yg hampir melahirkan anak.

Dokter masa kini menyarankan wanita untok memakan kurma yg terbukti didalamnya mengandungi fruktosa, yg berguna untok memberi tenaga yg diperlukan saat tubuh lemah untuk mengembalikan kesegaran bagi tubuh. Mempercepat reaksi hormone susu dan juga membantu produksi susu & menambah jumlahnya.

Ilmu yg tertulis dalam Qu’ran ini menyatakan ALLAH ialah MAHA TAHU & MAHA BIJAKSANA saat memberi perintah pada Maryam. Soalan lain yg berharga ialah terletak saat anak sungai diciptakan oleh ALLAH dan perintah ALLAH untok makan & minum.

Masa ini, para ilmuwan member tahu kita jika manusia dapat hidup hanya dengan kurma & air untok selamanya kerana kurma mengandung semua hal yg diperlukan untok kelangsungan & keperluan tubuh manusia.
http://www.geocities.com/SoHo/Easel/3809/hurma.htm

Bahkan, salah satu ahli terkenal pada subjek, VHW Dowson, menyatkan bahwa satu gelas susu dan satu kurma per hari menyediakan nutrisi harian seseorang yg diperlukan tubuh;
("Kurma dan Kesehatan" www.sgp-dates.com/date.htm
)

Kurma mengandung berbagai vitamin (misalnya, A, beta-karoten, B1, B2, B3, dan B6) dan mineral, (misalnya, natrium, kalium, kalsium, magnesium, serat, besi, belerang, fosfat, dan klorin) dan juga kaya serat, lemak, dan protein. Beberapa manfaat berikutnya adalah sebagai berikut:

Nilai gizi Sebuah kurma yang didasarkan pada keseimbangan antara mineral tersebut. Selama sakit berkepanjangan dan mengubah wajah, kekurangan kalium yg terjadi dan harus segera dilengkapi. Kandungan kalium tinggi ini dimiliki oleh kurma, seperti perannya dalam menjaga kandungan air dalam tubuh.

Zat Besi mengontrol sel-sel darah merah dan perpaduannya dengan hemoglobin, yang mencegah anemia selama kehamilan dan juga mengatur keseimbangan darah yang begitu penting bagi pertumbuhan bayi. Kerana kadar besi yang tinggi, satu setengah biji kurma sahaja dapat memenuhi keperluan seluruh zat besi besi yg sangat diperlukan tubuh dan dengan demikian mencegah semua keluhan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Kalsium dan fosfor merupakan elemen yang sangat penting dalam mengembangkan dan menyeimbangkan kerangka dan struktur tulang. Kurma melindungi tubuh dari anemia dan tulang lemah, dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit tersebut kerana nilai gizi tinggi telah dimiliki kurma, begitu juga dengan kandungan fosfor yg tinggi, kalsium, zat besi dan lainnya.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi tingkat stres dan ketegangan. Penelitian dilakukan di Universitas Berkeley menunjukkan bahwa kurma yang kaya akan vitamin B1 (vitamin saraf) dan magnesium (penting untuk fungsi otot), yang keduanya sangat penting untuk sistem saraf yang kuat. Magnesium juga sangat penting bagi ginjal, dan cukup dua pertiga bagian kurma setiap hari cukup untuk memenuhi semua keperluan tubuh akan zat magnesium
(Kurma dan Kesehatan: www.sgp-dates.com/date.htm)

Kurma juga mengandung asam folat (vitamin B9), yang penting bagi wanita hamil, disebabkan peran penting dalam pembentukan sel darah baru, asam amino memproduksi, dan mengembangkan sel-sel baru. Jika tingkat asam tubuh jatuh di bawah jumlah yang diperlukan, lebih besar tapi kurang fungsional sel darah merah dibentuk dan anemia terjadi.

Asam folat, yang sangat penting untuk mengembangkan genetik sel dan divisi, adalah satu-satunya substansi yang diperlukan dua kali lipat selama kehamilan. Dan kurma ini terbukti sangat kaya dengan asam folat.

Vitamin A, selama kehamilan, seorang wanita keperluan harian vitamin A meningkat sampai 800 ug. Kurma sangat kaya akan vitamin terutama A.
("Date Palm," www.telmedpak.com/agricultures.asp?a=agriculture&b=date_palm)
("Kurma Palm," www.telmedpak.com/agricultures.asp?a=agriculture&b=date_palm)

Sebagian besar buah-buahan lainnya mengandungi sikit sangat protein, namun kurma memiliki banyak sekali kandungan protein yang baik.
("Kurma Palm," www.telmedpak.com/agricultures.asp?a=agriculture&b=date_palm)

Oksitosin digunakan dalam kedokteran modern untuk mempercepat pertumbuhan energi dan sering disebut sebagai "kelahiran cepat." Hal ini juga meningkatkan tingkat produksi susu setelah kelahiran.
"Break Puasa Anda Pada Kurma," http://198.65.147.194/English/Science/2000/7/article5.shtml;
"Mothering dan hormon Oksitosin atau koktail untuk Dua, "Sarah Hrdy Blaffer dan C. Sue Carter; www.people.virginia.edu/ ~ rjh9u/oxytocin.html

Nabi kita, Rasulullah Muhammad SAW mengatakan manfaat dari kurma dalam hadits berikut: Sebuah keluarga yang memiliki kurma tidak akan lapar. (Sahih Muslim)

Jelas, ini adalah bagian dari nasihat yang baik sangat.
Semua informasi terkini kami pada kurma mengungkapkan kebijaksanaan Allah yang tak terbatas dan kasih karunia untuk Maryam, yang, diilhami oleh Allah yang MAHA TAHU, dapat memenuhi semua keperluan gizi nya dengan makan kurma dan dengan demikian memudahkah kelahiran anaknya, Nabi Isa a.s

Jadi,,, 1 lagi bukti... Islam TERBUKTI BENAR!
DARI ILMIAH,,,, Islam terbukti Benar
DARI KITAB LAIN,,, Islam terbukti Benar

Segala puja & puji bagi ALLAH,,, Qur'an TERBUKTI Sepanjang Masa!

Qs.3 Ali Imran:85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

No comments:

Post a Comment